People Innovation Excellence

Jurusan Fashion Design Binus International

Industri fashion tanah air saat ini semakin maju. Sudah banyak anak muda Indonesia yang berkarya dan dihargai karyanya hingga manca negara. Apa sebetulnya jurusan fashion design itu? Ibu Nurul Akriliyati, S.Sn sebagai dosen fashion design dan Amanda Prihutomo, M. A selaku program coordinator fashion design dari Binus International, menjelaskan.

Apa sebetulnya jurusan fashion itu?

Di Binus International sendiri ada dua jurusan design yaitu fashion design dan fashion management. Jadi fashion design itu lebih mengarah ke produksi, how to be a designer, seperti belajar bikin pola, menjahit, lalu belajar mengenal material bahan, lalu kain itu mau dibuat apa, dsb.. jadi mereka lebih banyak mempelajari produksi. Sementara fashion management itu lebih belajar ke branding, misalnya promosinya, bisnisnya.

Fashion-Design-Binus-Int-04Meskipun begitu, kedua jurusan ini tetap mempelajari produksi dan bisnisnya. Artinya, di jurusan fashion design yang fokus mempelajari produksi, tetap diajarkan bisnisnya. Karena diharapkan jika mereka lulus nanti ingin membangun bisnis fashion sendiri, mereka mengerti tentang persiapan dan juga perhitungan bisnisnya. Dan fashion management juga demikian, anak-anak di jurusan ini yang fokus mempelajari fashion dari sisi bisnisnya juga mempelajari produksi, tujuannya agar mereka memahami secara menyeluruh tentang bisnis fashion itu sendiri.

Mengambil jurusan fashion itu harus bisa gambar, apakah harus?

Menggambar itu sebetulnya tidak mutlak, artinya karena ini sekolah maka itu bisa dipelajari dan tentunya akan dipelajari. Yang paling penting adalah passion dan ketertarikan yang besar pada jurusan ini. Sehingga kemampuan menggambar itu nanti akan terasah dengan sendirinya. Toh bakat itu jika tidak diasah juga tidak akan menjadi bagus, sementara yang sering latihan dan selalu mengasahnya pasti akan terlihat nanti kemampuannya.

Lagi pula sekarang sudah banyak aplikasi computerize, seperti photoshop, dsb. Jadi nggak usah takut buat kalian yang ingin mengambil jurusan fashion design sementara masih ragu dengan kemampuan menggambarnya.

Setelah lulus nanti apakah kita bisa membuat merek sendiri?

Tentu, karena di tingkat tiga mereka akan belajar untuk menjadi entrepreneur. Kedua jurusan ini memang diarahkan untuk jadi entrepreneur. Tapi kalau ingin bekerja setelah lulus nanti, bisa juga mereka bekerja di perusahaan fashion atau di industri retail fashion.


Published at :
Leave Your Footprint
  1. Bianca sekarang dikelas 12 Binus School Serpong, bermaksud kuliah di Fashion Design Binus Int’l, kapan buka untuk pendaftarannya? brp total perincian biaya untuk masuk ke Binus?
    Thanks..

  2. maaf, saya mau tanya, apakah ada beasiswadi kedua jurusan ini?
    apabila ada, bagaimana cara memperoleh beasiswa tersebut dan apa saja syarat-syaratnya?
    terimakasih.

  3. Utk penerimaan mahasiswa baru jurusan fashion design mulai kapan? Biaya kuliah?dan jenjang pendidikan nya sampe brp lama?trmksh

  4. Biaya untuk fashion design and fashion management berapa ya??

  5. mohon informasi jurusan fashion design di binus university bekasi – sumarecon berapa biaya kuliah dll juga alamat binus sumarecon bekasi mohon infonya secepatnya tks

  6. apakah ada jurusan fashion design di binus sumarecon bekasi ? alamat dan biayanya berapa ?

  7. Adakah transfer jenjang di program studi ini dari D3 ke S1? Berapa biaya pendidikannya?

  8. Mau tanya
    Kapan mulai penerimaan mahasiswa baru jurusan fashion design tahun ajaran baru 2016/2017
    Berapa Biaya pendaftaran serta biaya kuliah untuk tiap semester
    Berapa semester kuliahnya sampai lulus dan apakah ada gelarnya .
    Sekian dan Terimakasih dan ditunggu jawabannya

    Wassalam .

  9. berapa total biaya masing-masing untuk jurusan fashion design dan fashion management? Apakah ada beasiswa? Kapan pendaftaran terakhir masing-masing untuk tahun 2016 dan 2017? , thanks.

  10. Saya sangat tertarik untuk kuliah di bidang fasion. Boleh minta informasi menenai biaya dan informasi mengenai jalur beasiswanya melalui email sy ? Terimakasih

  11. Berapa Usia max siswa yg boleh daftar

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close