People Innovation Excellence

Indonesia Fashion Week 2015 Presents IFDC 2015

Indonesia Fashion Week, suatu fashion movement yang digagas oleh Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dengan visi menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat mode dunia dengan mengangkat kekayaan sumber daya lokal dan menstandardisasi sumber daya kreatif Indonesia.

Pertama kali diselenggarakan pada 2012, tahun keempat pergelaran Indonesia Fashion Week akan berlangsung pada 26 Februari-1 Maret 2015 yang bertempat di Jakarta Convention Center. Indonesia Fashion Week 2015 akan menampilkan 1920 outfits dalam 32 fashion show yang menampilkan beragam karya designer lokal dan internasional.

Dengan mengarahkan pada B2B (Business to Business) yang fokus pada pengembangan bisnis bagi seluruh pelaku industri mode tanah air, Indonesia Fashion Week tak sekadar menggelar fashion show, namun juga mengadakan exhibition (pameran dagang) yang menampilkan 665 label lokal dan internasional serta mengundang 300 buyers lokal maupun internasional. Diperkuat pula dengan beragam program, antara lain Indonesia Trend Forecasting, Indonesia Business Fashion Development, dan Indonesia Fashion Design Competition.

Indonesia Fashion Design Competition 2015 Presented by Dulux

Kelangsungan industri fashion tanah air harus disokong oleh generasi penerus yang akan memegang tongkat estafet. Tak hanya bermodalkan kreativitas, bibit-bibit baru dituntut memiliki kemampuan sebagai pelaku bisnis fashion yang mumpuni. Ajang kompetisi merupakan langkah nyata dalam menjaring talenta baru. Terbukti sederet designer ternama dilahirkan melalui kompetisi.

Kompetisi desain fashion seringkali hanya menekankan pada kreativitas dalam membuat rancangan. Padahal, generasi penerus juga perlu diarahkan untuk tahap yang lebih menantang, yakni membuat rancangan yang berdaya jual tinggi dan dapat diterima di pasar domestik bahkan internasional.

Indonesia Fashion Week yang didukung penuh oleh AkzoNobel, perusahaan cat dan pelapis terkemuka di dunia yang mengelola merek Dulux, kembali menghadirkan program Indonesia Fashion Design Competition (IFDC) 2015. Kompetisi ini bertujuan untuk menjaring talenta baru yang mampu membuat desain berkonten lokal yang inovatif sekaligus membangun bisnis mode yang solid. Tahun ini mengusung tema 2015 Urban Lifestyle dengan menggunakan Dulux Colour Futures 2015 sebagai bagian dari inspirasi desain.

Ketentuan Kompetisi IFDC 2015

Untuk mengikuti kompetisi yang ditujukan bagi pria maupun wanita usia 18-35 tahun ini, peserta wajib mengirimkan 10 sketsa rancangan pakaian dengan konsep ready to wear, inovatif, mengeksplorasi kekayaan lokal, dan menggunakan aplikasi tren (warna, motif, dan material tekstil). Sketsa desain wajib dilengkapi keterangan mengenai tema serta konsep desain, contoh material, dan target konsumen.

Mengacu pada blueprint fashion Indonesia, produk mode yang sebaiknya diangkat menjadi ciri khas Indonesia adalah ready to wear craft fashion karena ready to wear dinilai lebih potensial dalam menembus market global apalagi dengan konten lokal yang membuatnya berbeda dari buatan negara lain. Peserta kompetisi ini ditantang untuk menciptakan produk bermuatan lokal yang mampu memenuhi standar dan kualitas global.

Untuk mencetak pemenang yang benar-benar berkualitas sehingga dapat mewakili Indonesia di skala global, diterapkan proses seleksi yang cukup ketat. Kriteria penilaian berdasarkan orisinalitas atau keunikan konsep, kesesuaian dengan tema, daya jual dan daya pakai, kerapihan, kesiapan brand, ketepatan pemilihan bahan, dan total appearance. Kesiapan mengikuti pameran dagang tingkat dunia juga menjadi persyaratan kompetisi ini.

Dari seluruh peserta yang mengikuti kompetisi ini telah dipilih 30 Semi Finalis oleh Dewan Juri yang terdiri dari Taruna K. Kusmayadi (Ketua Umum APPMI & Steering Committee Indonesia Fashion Week) selaku Ketua Dewan Juri, Susan Budihardjo (Fashion Designer & Pemilik LPTB Susan Budihardjo), Sofie (Fashion Designer), Chitra Subiyakto (Fashion Director & Creative Buyer Alun Alun Indonesia), Christine Barki (Retail Advisor), Anastasia Tirtabudi (Head of Brand & Consumer Marketing DULUX), Melinda Babyanna (Editor in Chief Marie Claire Indonesia dan Publisher L’Oflciel Magazine Indonesia), dan Boedi Basoeki (Lifestyle Communication Specialist).

Tahap selanjutnya, 30 Semi Finalis yang terpilih disyaratkan untuk merealisasikan salah satu sketsa rancangannya dalam bentuk pakaian jadi. Setelah melalui proses seleksi lebih lanjut dengan presentasi dan wawancara, Dewan Juri akan memilih 10 Finalis yang akan mendapat kesempatan untuk memperlihatkan rancangannya di fashion show IFDC 2015 presented by Dulux dalam perhelatan Indonesia Fashion Week 2015. Melalui rangkaian koleksi yang diperagakan di runway tersebut, Dewan Juri akan memilih pemenang IFDC 2015 presented by Dulux.

Untuk menjuarai lomba ini, para finalis ditantang untuk menghasilkan karya berkonten lokal, bernafaskan urban, dan berkualitas internasional. Melalui kompetisi ini, sang pemenang tak hanya dapat mengukir prestasi yang membanggakan, namun juga membuka jalan dalam mewujudkan impiannya untuk membangun suatu bisnis mode.

10 FINALIST INDONESIA FASHION DESIGN COMPETITION 2015

1. Ms.  Alyza Azalia Bachmid
2. Mr. Andhika Lukas Prakarsa
3. Mr. Andreas Wen
4. Ms. Arlini Pramudya
5. Ms. Avridya Kemala
6. Ms. Jasmine Darwin
7. Ms. Melissa Thio
8. Ms. Nova Nosalia
9. Mr. Stephanus Sylvester S
10. Ms. Syeren Regina

Source : http://shoppingmagz.com/pages/news/indonesia-fashion-week-2015-presents-ifdc-2015


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close